PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 16
Lanjutan materi sebelumnya
2. Majalah
Majalah adalah media yang digunakan untuk menghasilkan gagasan feature dan publikasikan bergambar untuk bahan referensi di masa mendatang. Majalah biasanya terbit seminggu sekali. Kelebihan media ini adalah mampu menyajikan informasi yang tidak hanya menjawab 5W + 1H, tapi juga secara tuntas dengan bahasan dari berbagai sisi, dicetak dengan kertas yang menarik dan berkualitas sehingga mampu menampilkan gambar - gambar yang lebih menarik dan mampu disimpan pada jangka waktu yang sangat lama. Namun kekurangannya bahwa media ini pesannya tidak bisa segera diperoleh publik dan harganya mahal.
Gambar 3. Majalah merupakan media cetak
k. Ambient
Art Ambient media atau Ambient Art merupakan salah satu bentuk media baru dalam beriklan. Ambient media atau Ambient Art memiliki cara yang berbeda dengan iklan konvensional dalam hal konten atau yang lainnya. Semangat yang dibawa oleh ambient media adalah memberikan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience) kepada konsumen. Ambient media: It works for two simple reasons - it gets peoples attention and provokes an emotional response. (Syamsul Bahri, 2007)
Gambar 4. Ambient Art mepukan salah satu media promosi
Pada umunya Ambient Art berusaha memainkan emosi khlayak sasaran dengan cara mengangkat ide lucu (visual pun), horor, hal - hal yang menjijikkan, atau bentuk ekspresi dan emosional lainnya, dan berusaha melibatkan khalayak diajak untuk terlibat; dari mengarahkan mata, memanfaatkan gerak anggota tubuh, menghadirkan sebagian atau keseluruhan tubuh dalam iklan.
Beberapa faktor yang mendukung perkembangan ambient media di antaranya:
1) Isu yang berkembang
2) Persaingan
3) Menurunnya kekuatan media konvensional (seperti spanduk, banner, billboard, dan lain lain)
4) Semakin semrawutnya jumlah iklan televisi yang menggempur konsumen setiap hari
5) Aadanya tuntutan permintaan yang semakin tinggi terhadap media komunikasi nonkonvensional. Media yang tidak biasa out of standard dan menarik.
6) Kebutuhan untuk menjaring target audience yang lebih signifikan bagi produk.
7) Perkembangan teknologi, multi media, internet, dan sebagainya. Ambient advertising menawarkan kelebihan - kelebihan berikut ini:
a. Bila dekat dengan lokasi pembelian, biaya kampanye ambient bisa lebih murah ketimbang promosi penjualan dan mampu memberi insentif di lokasi pembelian tanpa efek negatif yaitu merosotnya keuntungan
b. Kampanye ambient yang diterapkan dengan baik ikut menggenjot citra merek.
c. Kampanye kreatif kerap mendapatkan liputan pers, bahkan kampanye tertentu memang sengaja didesain agar mendapatkan liputan luas.
d. Kampanye ambient sangat efektif untuk mengaktifkan kebutuhan.
Ambient media atau Ambient Art merupakan perpaduan berbagai bentuk elemen estetik; fotografi, ilustrasi, desain grafis, happening art, seni instalasi, patung, tata cahaya, dan komponen seni lainnya. Dengan demikian ambient media memanfaatkan suasana dan elemen ruang publik yang ada disekitar media tersebut ditampilkan.
Komentar
Posting Komentar