PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 12

 Lanjutan Materi Jenis - jenis Media Promosi Pemasaran


f. Billboard atau Papan Reklame

Billboard atau sering disebut dengan papan reklame adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Dapat dikatakan pula billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.

Di Indonesia, billboard punya definisi sendiri, yaitu reklame yang berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglass, kain, kaca, plastik, dan sebagainya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen. Sehingga papan iklan di atas toko pun masuk kategori billboard.

Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clamos sedangkan dari bahasa latin Re dan Clame, Re artinya berulang - ulang sedangkan Clame atau Clamos artinya berteriak, sehingga secara bahasa reklame adalah suatu teriakan/ seruan yang berulang - ulang. Reklame dapat juga diartikan sebagai suatu sarana yang memiliki tujuan menjajakan produknya atau membuat barangnya laku di pasaran. 

Reklame mempunyai 2 sifat :

1. Reklame bersifat komersial yaitu suatu reklame yang digunakan untuk memperoleh keuntungan.

2. Reklame bersifat sosial yaitu suatu reklame yang semata - mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk material.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame tersebut dapat dikatakan baik, antara lain sebagai berikut:

1. Persuasif (mengajak), yaitu kegiatan reklame diharapkan dapat menarik dan mengajak masyarakan

2. Estetik (Indah). Untuk dapat memvisualisasikan reklame dengan indah kita harus menerapkan beberapa unsur keindahan antara lain:

a) Keseimbangan (balance)

b) Harmonis (ritme)

c) Kontras (berlawanan)

d) Etis (sopan atau sesuai dengan norma)

e) Edukatif (mendidik)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11