PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 10
D. JENIS
– JENIS STRATEGI PEMASARAN
Secara umum, strategi
pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan dapat dibedakan menjadi tiga
jenis strategi, di antaranya sebagai berikut.
1. Strategi pemasaran yang tidak membeda –
bedakan pasar (Undifferentiated marketing)
Pada stretegi ini, perusahaan hanya
memperhatikan kebutuhan secara umum saja, oleh karena itu perusahaan hanya
memasarkan satu jenis produk dan berusaha menarik para konsumen untuk
membelinya. Strategi ini bertujuan untuk melakukan penjualan secara massal,
sehingga menurunkan biaya.
2. Strategi pemasaran yang membeda –
bedakanb pasar ( Differentiated marketing)
Pada strategi ini, perusahaan hanya melayani
kebutuhan secara berkelompok dengan jenis produk tertentu jadi perusahaan
selalu menghasilkan atau memasarkan produk berbeda – beda untuk tiap segmen
pasar.
3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi
(Concentrated Marketing)
Strategi ini mengkhususkan pemasaran produk
ke dalam beberapa segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya
yang dimiliki perusahaan.
Perusahaan memilih segmen pasar tertentu dan menawarkan
produk sesuai dengan kebutuhan kelompok konsumen sesuai segmen pasar, tentunya
lebih spesifik. Perusahaan akan memusatkan perhatian dan seluruh kegiatan demi
memberikan keuntungan yang optimal.
Komentar
Posting Komentar