PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 10

 

D. JENIS – JENIS STRATEGI PEMASARAN

 

Secara umum, strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan dapat dibedakan menjadi tiga jenis strategi, di antaranya sebagai berikut.

 

1.  Strategi pemasaran yang tidak membeda – bedakan pasar (Undifferentiated marketing)

Pada stretegi ini, perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum saja, oleh karena itu perusahaan hanya memasarkan satu jenis produk dan berusaha menarik para konsumen untuk membelinya. Strategi ini bertujuan untuk melakukan penjualan secara massal, sehingga menurunkan biaya.

 

2.  Strategi pemasaran yang membeda – bedakanb pasar ( Differentiated marketing)

Pada strategi ini, perusahaan hanya melayani kebutuhan secara berkelompok dengan jenis produk tertentu jadi perusahaan selalu menghasilkan atau memasarkan produk berbeda – beda untuk tiap segmen pasar.

 

3.  Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing)

Strategi ini mengkhususkan pemasaran produk ke dalam beberapa segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Perusahaan memilih segmen pasar tertentu dan menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan kelompok konsumen sesuai segmen pasar, tentunya lebih spesifik. Perusahaan akan memusatkan perhatian dan seluruh kegiatan demi memberikan keuntungan yang optimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11