PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 9
D.
STRATEGI PEMASARAN
Coba amatilah video pada alamat youtube
berikut! Di dalam video tersebut menerangkan bagaimana strategi seorang pemula
dalam memasarkan produknya.
https://www.youtube.com/watch?v=z9FOGhj5bmo
Pengertian strategi pemasaran menurut Tjiptono dalam
Tambajong (2013:1293) adalah suatu alat fundamental yang direncanakan untuk
mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing melalui pasar yang
dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran.
Menurut Hartono (2012:889) strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan
sasaran, kebijakan serta aturan yang memberi arah kepada usaha – usaha
pemasaran dari waktu ke waktu dari masing – masing tingkatan serta lokasinya.
Berdasarkan definisi di atas dapat diketahui bahwa
strategi pemasaran merupakan bagian terpenting dalam suatu proses pemasaran
terhadap konsumen, karena strategi merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan
penjualan yang ada di pasar. Strategi pemasaran yang baik akan memudahkan
perusahaan untuk memperkenalkan dan meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap
produk. Hal tersebut akan mendorong perusahaan membuat inovasi agar positioning
produknya di pasar meningkat. Oleh karena itu, pemasaran tidak hanya berarti
menjual produk atau jasa perusahaan, namun juga untuk memenuhi kepuasan
pelanggan sehingga konsumen akan selalu ingat akan barang atau jasa yang telah
dibelinya.
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan –
keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam
hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya
perubahan strategi dalam pemasaran. Ketiga faktor tersebut sebagai berikut.
1.
Daur hidup produk (product Life Cycle)
Strategi harus disesuaikan dengan tahap –
tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbhan, tahap kedewasaan
dan tahap kemunduran.
2.
Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan
posisi perusahaan dalam persaingan, pakah memimpin, menantang, mengikuti atau
hanya mengambil sebagian kecil dari pasar
3.
Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi
ekonomi dan pandangan ke depan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau
inflasi tinggi.
Komentar
Posting Komentar