PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 7

   

BAB II

PEMASARAN PRODUK

 

A.        Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Di samping kegiatan pemasaran, perusahaan juga perlu mengkombinasikan fungsi – fungsi dan menggunakan keahlian mereka agar perusahaan berjalan dengan baik.

 

Menurut Stanton dalam Tambajong (2013: 1293), pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan.  Menurut Kotler dan Amstrong (2012: 29), “Marketing as the process by which companies create value for customers and build strong customer relationships in order to capture value from customers in return”, artinya menyatakan bahwa pemasaran sebagai proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalan.

 

Dari pengertian pemasaran menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan.

 

B.        Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran merupakan falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan harus mengetahui kebutuhan apa saja yang diinginkan oleh konsumen serta mapu memberikan kepuasan bagi mereka agar mendapatkan laba bagi perusahaan tersebut.

 

Konsep inti pemasaran menurut Sudaryono (2016: 43-49), ada 4. Keempat konsep tersebut adalah sebagai berikut.

1.    Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan

Inti pemasaran yaitu di mulai dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Salah satu kebutuhan manusia antara lain seperti makan, pakaian, tempat tinggal dan lain – lain. Kebutuhan merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk bertahan hidup, sedangkan keinginan merupakan hasrat atau pemuas dari sesuatu yang kita inginkan.

2.    Produk, Nilai, Biaya, dan Kepuasan

Produk adalah sesuatu barang yang ditawarkan untuk memenuhi dan keinginan manusia. Manusia mempunyai suatu produk bukan dilihat dari fisiknya akan tetapi dilihat dari segi fungsinya. Contohnya apabila kita membeli sebuah microwafe, kita membeli magic com bukan untuk dicitai akan tetapi untuk memasak nasi yang menjadi kebutuhan manusia.

3.    Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan

Pada zaman dahulu apabila manusia membutuhkan barang maka mereka akan saling bertukar barang (barter) sesuai dengan barang yang mereka butuhkan. Transaksi pertukaran tidak menggunakan uang, karena pada saat itu uang belum ditemukan. Hal tersebut, memberikan dampak terhadap hubungan manusia pada zaman dahulu yang terjalin dengan sangat baik

4.    Pasar, Pemasaran, dan Pemasar

Pasar merupakan salah satu tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Di pasar kita dapat menemukan barang yang kita butuhkan dan inginkan serta mampu untuk melakukan pertukaran guna memenuhi kebutuhan dan keinginan.

 

Terdapat 2 elemen pokok yang menyusun konsep pemasaran, di antaranya sebagai berikut.

I.      Volume penjualan yang Menguntungkan

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah untuk mendapatkan laba atau profit. Dengan adanya laba tersebut dapat meningkatkan dan mengembangkan perusahaan, serta dapat memperkuat kondisi perekonomian secara keseluruhan. Adapun cara yang dapat dilakukan perusahaan lain, memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada karyawannya dan memberikan perlindungan. Hal ini dilakukan agar atasan dan karyawan dapat berhubungan dengan baik dan bekerja sama untuk meningkatkan laba perusahaan.

 

II.    Koordinasi dan Integrasi Seluruh Kegiatan Pemasaran

Suatu perubahaan harus mampu memberikan kepuasan terhadap konsumennya. Perusahaan juga harus mempu mengetahui apa yang diperlukan oleh konsumen serta harus mampu menghindari masalah yang akan ditimbulkan. Orang yang bertanggung jawab dalam,hal ini adalah seorang manajer.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11