PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 7
BAB
II
PEMASARAN
PRODUK
A.
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu penting yang
perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan
hidup perusahaan tersebut. Di samping kegiatan pemasaran, perusahaan juga perlu
mengkombinasikan fungsi – fungsi dan menggunakan keahlian mereka agar
perusahaan berjalan dengan baik.
Menurut Stanton dalam Tambajong (2013:
1293), pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang
dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan. Menurut Kotler dan Amstrong (2012: 29), “Marketing as the process by which companies
create value for customers and build strong customer relationships in order to
capture value from customers in return”, artinya menyatakan bahwa pemasaran
sebagai proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan
membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap nilai dari pelanggan
sebagai imbalan.
Dari pengertian pemasaran menurut para ahli
di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk yang telah
ditawarkan oleh perusahaan.
B.
Konsep
Pemasaran
Konsep pemasaran merupakan falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan harus mengetahui
kebutuhan apa saja yang diinginkan oleh konsumen serta mapu memberikan kepuasan
bagi mereka agar mendapatkan laba bagi perusahaan tersebut.
Konsep inti pemasaran menurut Sudaryono
(2016: 43-49), ada 4. Keempat konsep tersebut adalah sebagai berikut.
1. Kebutuhan,
Keinginan, dan Permintaan
Inti pemasaran yaitu di mulai dengan
kebutuhan dan keinginan manusia. Salah satu kebutuhan manusia antara lain
seperti makan, pakaian, tempat tinggal dan lain – lain. Kebutuhan merupakan
sesuatu yang dibutuhkan untuk bertahan hidup, sedangkan keinginan merupakan
hasrat atau pemuas dari sesuatu yang kita inginkan.
2. Produk,
Nilai, Biaya, dan Kepuasan
Produk adalah sesuatu barang yang ditawarkan
untuk memenuhi dan keinginan manusia. Manusia mempunyai suatu produk bukan
dilihat dari fisiknya akan tetapi dilihat dari segi fungsinya. Contohnya
apabila kita membeli sebuah microwafe, kita membeli magic com bukan untuk
dicitai akan tetapi untuk memasak nasi yang menjadi kebutuhan manusia.
3. Pertukaran,
Transaksi, dan Hubungan
Pada zaman dahulu apabila manusia
membutuhkan barang maka mereka akan saling bertukar barang (barter) sesuai
dengan barang yang mereka butuhkan. Transaksi pertukaran tidak menggunakan
uang, karena pada saat itu uang belum ditemukan. Hal tersebut, memberikan
dampak terhadap hubungan manusia pada zaman dahulu yang terjalin dengan sangat
baik
4. Pasar,
Pemasaran, dan Pemasar
Pasar merupakan salah satu tempat bertemunya
antara pembeli dan penjual. Di pasar kita dapat menemukan barang yang kita
butuhkan dan inginkan serta mampu untuk melakukan pertukaran guna memenuhi
kebutuhan dan keinginan.
Terdapat 2 elemen pokok yang menyusun konsep
pemasaran, di antaranya sebagai berikut.
I. Volume
penjualan yang Menguntungkan
Salah satu tujuan utama perusahaan adalah
untuk mendapatkan laba atau profit. Dengan adanya laba tersebut dapat
meningkatkan dan mengembangkan perusahaan, serta dapat memperkuat kondisi
perekonomian secara keseluruhan. Adapun cara yang dapat dilakukan perusahaan
lain, memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada karyawannya dan memberikan
perlindungan. Hal ini dilakukan agar atasan dan karyawan dapat berhubungan
dengan baik dan bekerja sama untuk meningkatkan laba perusahaan.
II. Koordinasi
dan Integrasi Seluruh Kegiatan Pemasaran
Suatu perubahaan harus mampu memberikan
kepuasan terhadap konsumennya. Perusahaan juga harus mempu mengetahui apa yang
diperlukan oleh konsumen serta harus mampu menghindari masalah yang akan
ditimbulkan. Orang yang bertanggung jawab dalam,hal ini adalah seorang manajer.
Komentar
Posting Komentar