PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 8

 

C.        Bauran Pemasaran

Pengertian dari bauran pemasaran adalah suatu kelompok komponen pemasaran yang terdiri dari 4P, yaitu product, price, place, dan promotion yang saling terkait satu sama lain, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan kepuasan konsumen serta mencapai tujuan perusahaan.


Gambar 1.1. Bauran Pemasaran Produk Barang

Sumber : http://novita3696.blogspot.com/2015/11/marketing-mix-4p.html

 

1.        Product (Produk)

Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan

 

2.        Price (Harga)

Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang pelayanannya

 

3.        Place (Tempat)

Tempat dalam marketing mix biasa disebut dengan saluran distribusi, saluran di mana produk tersebut sampai kepada konsumen.

 

 

4.        Promotion (Promosi)

Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan / atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

 

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, konsep bauran pemasaran untuk perusahaan jasa berkembang dari 4P menjadi 7P. Konsep ini disesuaikan dengan kondisi perusahaan jasa yang akan melaksanakannya, yang mengutamakan pada pelayanan. Konsep 7P ini terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

 


 



Gambar 1.2. Bauran Pemasaran Produk Jasa

Sumber : https://images.app.goo.gl/1nzNYZGA6vN7qG519

 

a.        Product (The Services)/ Produk atau Jasa

Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.

 

b.        Price/ Harga

Perusahaan akan melakukan penetapan harga dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan mempengaruhi pendapatan total biaya

 

 

 

 

c.         Place/ Lokasi Usaha

Jangkauan tempat menjadi suatu pertimbangan secara matang, tempat yang strategis dan sewa rental haus diperhitungkan sebagai konsekuensi dari kemudahan akses ke konsumen

 

d.        Promotion/ Strategi Promosi

Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, di bwah pengendalian penjual/ produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penual/ produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.

 

e.        People/ Sumber Daya Manusia (SDM)

People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi bisnis yang membutuhkan sumber daya dengan performance tinggi.

 

f.         Process/ Proses atau Aktivitas Bisnis

Layanan jasa ataupun kualitas produk sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen.

 

g.        Physical Evidece

Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter.

 

Apa perbedaan marketing mix 4P dan 7P? Dari tujuan keduanya sebenarnya hampir sama saja, yaitu menjabarkan elemen – elemen yang terkait dengan pemasaran bisnis baik produk/jasa. Hanya saja, 4P adalah formula yang muncul lebih awal yaitu product, place, price, promotion, sedangkan setelahnya dikembangkan tiga elemen lainnya yaitu people, process, dan physical evidence.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11