PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 8
C.
Bauran
Pemasaran
Pengertian dari bauran pemasaran adalah
suatu kelompok komponen pemasaran yang terdiri dari 4P, yaitu product, price,
place, dan promotion yang saling terkait satu sama lain, dengan tujuan untuk
memenuhi kebutuhan kepuasan konsumen serta mencapai tujuan perusahaan.
Gambar 1.1. Bauran Pemasaran Produk
Barang
Sumber : http://novita3696.blogspot.com/2015/11/marketing-mix-4p.html
1.
Product (Produk)
Produk adalah setiap apa saja yang bisa
ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau
konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan
2.
Price (Harga)
Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa
produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari
barang pelayanannya
3.
Place (Tempat)
Tempat dalam marketing mix biasa disebut
dengan saluran distribusi, saluran di mana produk tersebut sampai kepada
konsumen.
4.
Promotion (Promosi)
Promosi adalah suatu bentuk komunikasi
pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran
yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan / atau
mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia
menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang
bersangkutan.
Seiring dengan perkembangan ilmu
pengetahuan, konsep bauran pemasaran untuk perusahaan jasa berkembang dari 4P
menjadi 7P. Konsep ini disesuaikan dengan kondisi perusahaan jasa yang akan
melaksanakannya, yang mengutamakan pada pelayanan. Konsep 7P ini terdiri dari
product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
Gambar 1.2. Bauran Pemasaran Produk
Jasa
Sumber : https://images.app.goo.gl/1nzNYZGA6vN7qG519
a.
Product (The Services)/ Produk atau Jasa
Produk jasa merupakan produk yang dapat
memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen.
Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat
dari sesuatu yang ditawarkan.
b.
Price/ Harga
Perusahaan akan melakukan penetapan harga
dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan mempengaruhi pendapatan
total biaya
c.
Place/ Lokasi Usaha
Jangkauan tempat menjadi suatu pertimbangan
secara matang, tempat yang strategis dan sewa rental haus diperhitungkan
sebagai konsekuensi dari kemudahan akses ke konsumen
d.
Promotion/ Strategi Promosi
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi
yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, di bwah pengendalian penjual/ produsen,
yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk
yang ditawarkan oleh penual/ produsen, baik secara langsung maupun melalui
pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
e.
People/ Sumber Daya Manusia (SDM)
People merupakan aset utama dalam industri
jasa, terlebih lagi bisnis yang membutuhkan sumber daya dengan performance
tinggi.
f.
Process/ Proses atau Aktivitas Bisnis
Layanan jasa ataupun kualitas produk sangat
bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen.
g.
Physical Evidece
Building merupakan bagian dari bukti fisik,
karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam
perusahaan jasa yang memiliki karakter.
Apa perbedaan marketing mix 4P dan 7P?
Dari tujuan keduanya sebenarnya hampir sama saja, yaitu menjabarkan elemen –
elemen yang terkait dengan pemasaran bisnis baik produk/jasa. Hanya saja, 4P
adalah formula yang muncul lebih awal yaitu product,
place, price, promotion, sedangkan setelahnya dikembangkan tiga elemen
lainnya yaitu people, process, dan physical evidence.
Komentar
Posting Komentar