PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11
Ada delapan
strategi penetapan harga yang paling sering dilakukan yaitu:
1)
Strategi Penetapan
harga produk baru
Prinsip strategi penetapan harga untuk produk baru adalah agar
produk baru mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan pasar dengan
dukungan penetapan harga yang tepat penetapan harga (pricing) terhadap barang baru dapat dilakukan dengan dua cara yaitu
skimming pricing (berusaha menjual
harga yang lebih peka terhadap harga) dan panetration
pricing (berusaha menjual kepada pasar dengan harga murah)
2)
Strategi penetapan
harga yang yang sudah mapan
Strategi ini diterapkan sebagai hasil peninjauan kembali oleh
perusahaan terhadap strategi penetapan harga yang sedang diberlakukan di pasar,
ada tiga alternatif yang sering dilakukan oleh perusahaan setelah melakukan
tinjau ulang pada strategi
3)
Strategi
fleksibilitas harga
Harga perlu ditetapkan fleksibel bila pemasaran produk memerlukan
penyesuaian karakteristik lokasinya. Perusahaan atau koperasi dalam strategi
ini berhadapan dengan pemilihan strategi harga, yaitu strategi harga tunggal
dan strategi penetapan harga fleksibel yaitu:
a) Strategi satu harga
Dengan strategi satu harga, pada prinsipnya koperasi atau
perusahaan menghendaki penurunan pada biaya penjualan atau biaya administrasi,
margin keuntungan yang konstan, citra pelanggan, dan pertumbuhan pasar yang
stabil
b) Strategi fleksibel
Sesuai dengan namanya, strategi ini bertujuan memberikan
fleksibilitas harga dengan jalan memungkinkan setiap penyesuaian harga baik
lebih tinggi atau lebih rendah dari harga saat ini guna meraih keuntungan
jangka panjang.
4)
Strategi penetapan
harga lini produk
Tujuan strategi lini produk adalah memanfaatkan keseluruhan lini
produk untuk memaksimalkan laba
5)
Strategi leasing
Tujuan strategi leasing
adalah meningkatkan pertumbuhan pasar dengan cara menarik pelanggan yang tidak
mampu membeli sekaligus, merealisasikan laba jangka panjang yang lebih besar, untuk
meningkatkan arus kas, agar memperoleh aliran laba yang stabil, menghindari
kerugian pada perusahaan atau koperasi akibat teknologi yang telah usang
6)
Strategi bundling
princing
Strategi ini sering disebut juga dengan strategi puncak gunung es.
Pelaksanaannya dengan melakukan pembatasan harga untuk menutupi bermacam fungsi
dan jasa.
7)
Strategi
kepemimpinan harga
Strategi ini dilakukan dengan tujuan agar perusahaan – perusahaan
atau koperasi lain yang terkait dengan perusahaan pemimpin dapat dikendalikan
oleh penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan atau market leader
8)
Strategi penetapan harga
untuk membentuk pangsa pasar
Pangsa pasar yang semakin besar atau pengalaman yang semakin
banyak mengarah pada biaya yang semakin rendah, oleh sebab itu koperasi atau
perusahaan baru perlu mengupayakan agar produk – produknya sedini mungkin mampu
meraih pangsa pasar yang besar sehingga apabila perusahaan ingin melakukan
strategi penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar.
Komentar
Posting Komentar