PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11

 

Ada delapan strategi penetapan harga yang paling sering dilakukan yaitu:

 

1)    Strategi Penetapan harga produk baru

Prinsip strategi penetapan harga untuk produk baru adalah agar produk baru mampu memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan pasar dengan dukungan penetapan harga yang tepat penetapan harga (pricing) terhadap barang baru dapat dilakukan dengan dua cara yaitu skimming pricing (berusaha menjual harga yang lebih peka terhadap harga) dan panetration pricing (berusaha menjual kepada pasar dengan harga murah)

 

2)    Strategi penetapan harga yang yang sudah mapan

Strategi ini diterapkan sebagai hasil peninjauan kembali oleh perusahaan terhadap strategi penetapan harga yang sedang diberlakukan di pasar, ada tiga alternatif yang sering dilakukan oleh perusahaan setelah melakukan tinjau ulang pada strategi

 

3)    Strategi fleksibilitas harga

Harga perlu ditetapkan fleksibel bila pemasaran produk memerlukan penyesuaian karakteristik lokasinya. Perusahaan atau koperasi dalam strategi ini berhadapan dengan pemilihan strategi harga, yaitu strategi harga tunggal dan strategi penetapan harga fleksibel yaitu:

a)       Strategi satu harga

Dengan strategi satu harga, pada prinsipnya koperasi atau perusahaan menghendaki penurunan pada biaya penjualan atau biaya administrasi, margin keuntungan yang konstan, citra pelanggan, dan pertumbuhan pasar yang stabil

b)       Strategi fleksibel

Sesuai dengan namanya, strategi ini bertujuan memberikan fleksibilitas harga dengan jalan memungkinkan setiap penyesuaian harga baik lebih tinggi atau lebih rendah dari harga saat ini guna meraih keuntungan jangka panjang.

 

4)    Strategi penetapan harga lini produk

Tujuan strategi lini produk adalah memanfaatkan keseluruhan lini produk untuk memaksimalkan laba

 

5)    Strategi leasing

Tujuan strategi leasing adalah meningkatkan pertumbuhan pasar dengan cara menarik pelanggan yang tidak mampu membeli sekaligus, merealisasikan laba jangka panjang yang lebih besar, untuk meningkatkan arus kas, agar memperoleh aliran laba yang stabil, menghindari kerugian pada perusahaan atau koperasi akibat teknologi yang telah usang

 

6)    Strategi bundling princing

Strategi ini sering disebut juga dengan strategi puncak gunung es. Pelaksanaannya dengan melakukan pembatasan harga untuk menutupi bermacam fungsi dan jasa.

 

7)    Strategi kepemimpinan harga

Strategi ini dilakukan dengan tujuan agar perusahaan – perusahaan atau koperasi lain yang terkait dengan perusahaan pemimpin dapat dikendalikan oleh penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan atau market leader

 

8)    Strategi penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar

Pangsa pasar yang semakin besar atau pengalaman yang semakin banyak mengarah pada biaya yang semakin rendah, oleh sebab itu koperasi atau perusahaan baru perlu mengupayakan agar produk – produknya sedini mungkin mampu meraih pangsa pasar yang besar sehingga apabila perusahaan ingin melakukan strategi penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11