Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Ke 6 Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

 

FACT (Peristiwa)

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional ini saya memulai dari diri dengan menjawab pertanyaan di LMS, dimana ini merupakan refleksi individu selama saya menjadi seorang pendidik. Banyak pengalaman yang saya dapatkan baik berupa sebuah kesulitan, kekecewaan, kesedihan, kesenangan, kebahagiaan, kebanggaan yang semuanya itu dapat membuat saya lebih bertahan dan berkembang menjadi seorang pendidik yang lebih profesional.

Selanjutnya saya mengikuti kegiatan ekplorasi konsep, dalam kegiatan ini saya mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran sosial emosional, saya mengerjakan tugas analisis lima kasus yang telah disediakan di LMS dan kami saling menuliskan komentar pada forum diskusi. Akhirnya setelah selesai ekplorasi konsep saya melanjutkan ikut kegiatan ruang kolaborasi yang dipandu oleh Fasilitatir Muhammad Jazzari, S.Pd.,S.M.Pd., kegiatan ini ada dua sesi, sesi pertama reflesi materi eksplorasi konsep  yang sudah dipelajari sebelumnya. Selanjutnya pada sesi ini saya berkolaborasi dengan rekan CGP lainnya yang berasal dari Jenjang SMK, yaitu Bu Kurnia Trispalupi, Bu Atik Widyawati dan Pak Suyitno. untuk mendiskusikan tugas yang harus kami bahas dan kerjakan.  Pada sesi kedua ruang kolaborasi kami mempresentasikan hasil diskusi kelompok.



Pada pembelajaran selanjutnya saya mengikuti kegiatan demonstrasi kontekstual saya mengerjakan tugas membuat RPP berdiferensiasi dan terintegrasi Kompetensi Sosial Emosional, Dimana pada RPP tersebut saya memasukkan teknik STOP. Pada kegiatan inti pembelajaran dengan harapan siswa menjadi lebih tenang dan perasaannya menjadi senang sehingga dapat berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan . Setelah kegiatan tersebut selesai saya melanjutkan ikut kegiatan elaborasi pemahaman yag diisi oleh instruktur Titis Kartikawati, pada kegiatan ini saya mendapat penguatan materi Kompetensi Sosial Emosional. Kegiatan berikutnya yang saya kerjakan adalah koneksi antar materi dimana saya berusha menghubungkan semua materi pembelajaran yang sudah dipelajari dihubungkan dengan pembelajaran sosial emosional. Diakhir modul ini saya harus menampilkan RPP berdiferensiasi dan terintegrasi dipembelajaran tatap muka dikelas yang akan didampingi oleh Pengajar Praktik Saya yaitu Bapak Nicolas Bagas Dwi Kurniadi, S.Pd. yang akan dilaksanakan pada Pendampingan Individu ke 4 yaitu Bulan September 2023.


FEELINGS (Perasaan) 

Perasaan saya setelah melaksanakan kegiatan ini adalah saya merasa senang, gembira, takjub dan bersyukur atas ilmu pengetahuan yang saya dapatkan. Pada saat sebelum saya mempelajari materi ini saya apabila telah lelah atau banyak beban pikiran sehingga pada saat pembelajaran di kelas akan mudah merasa emosi dan tersulut emosinya. Dengan mempelajari modul 2.2 ini saya memahami nahwa murid juga perlu dilatih agar siap sosial emosional dalam kehidupan berikutnya.  Baik dalam kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan berelalsi dan keputusan yang bertanggungjawab.

 

FINDINGS (Pembelajaran)

Adapun yang saya dapakan dari pembelajaran ini adalah bahwa pembelajaran sosial emosional ini sangat penting dilakukan dalam pembelajaran di dalam kelas, ada lima kompetensi dalam pembelajaran sosial emosional yaitu kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi dan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan, pembelajaran sosial emosional ini sangat baik dan akan membentuk karakter yang diinginkan dari sekolah, Mindfulness (kesadaran penuh) adalah bertujuan untuk mengarahkan siswa secara penuh pada kegiatan pembelajaran yang kita lakukan, Salah satu yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran penuh adalah Teknik STOP, yaitu berhenti sejenak, ambil nafas dalam, amati sensasi pada tubuh, perasaan, pikiran, dan ligkungan, dan selesai kemudian lanjutkan aktivitas yang dilakukan.

 

FUTURE (Perubahan)

Setelah mempelajari modul 2.2 ini hal yang akan saya lakukan adalah  Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional baik secara eksplisit dan terintegrasi dalam pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, mensosialisasikan KSE ini kepada seluruh warga sekolah agar pembelajaran sosial emosional dalam dilaksanakan dengan optimal, saya berharap dapat menjadi contoh bagi murid.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11