PKK (II) Kelas XII Semester 1 Pertemuan ke 5

 Lanjutkan mencatat materi berikut!


J. Strategi Penentuan Harga Produk




    Berikut ini merupakan beberapa cara dalam menghitung harga jual produk

1. Penetapan harga berdasarkan biaya

    Penetapan harga berdasarkan biaya merupakan penetapan harga yang paling sering dilakukan. Harga ditetapkan berdasarkan biaya - biaya yang dikeluarkan untuk setiap satuan produk ditambah dengan laba atau keuntungan yang dikehendaki. Berikut ini adalah beberapa pendekatan cara menentukan harga jual berdasarkan biaya.

a) Harga biaya plus (cost plus pricing method)

    Penetapan harga produk menggunakan metode ini adalah dengan menghitung jumlah biaya produksi kemudian ditambah dengan nilai keuntungan yang diinginkan (margin)

Rumusnya adalah sebagai berikut;

b)  Harga mark - up

Dalam perusahaan dagang, pedagang membeli barang dari suplier kemudian dijual kembali dengan menambah mark up harga. Keuntungan yang diperoleh pedagang berasal dari sebagian mark up tersebut. Sebagian lain dari mark up digunakan untuk menutup biaya operasional yang dikeluarkan pedagang.

Rumusnya adalah sebagai berikut.



c) Harga Break Even

    Harga break even dapat ditentukan dengan harga jual yang didasarkan pada permintaan pasar dengan masih memperhitungkan biaya. Perusahaan dikatakan break even jika penerimaan sama dengan biaya yang telah dikeluarkan. Penjualan pada periode berikutnya adalah keuntungan. Jika penjualan perusahaan berada di bawah titik break even maka perusahaan mengalami kerugian. Perusahaan baru bisa memperoleh laba/ keuntungan setelah titik break even terlampaui.


2. Menentukan harga berdasarkan harga kompetitor

    Pada strategi ini, padam umumnya digunakan untuk produk standar dengan kondisi pasar oligopoli. Harga jual dipergunakan perusahaan sebagai salah satu siasat untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor. Caranya adalah dengan menetapkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga produk perusahaan pesaing.


3. Penetapan harga berdasarkan permintaan (demand based pricing)

   Penetapan harga berdasarkan permintaan, dilakukan berdasarkanpersepsi konsumen terhadap value yang diterima (value price), preceived quality, dan sensitivitas harga. Caranya dapat dilakukan dengan melakukan analisis PSM (Price Sensitivity Meter), yaitu dengan meminta konsumen untuk memberikan pernyataan berkaitan derngan kualitas produk, seperti apakah konsumen merasa harga terlalu mahal, merasa mahal, merasa murah, atau merasa terlalu murah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11