PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 6
D. Jenis - jenis Media Promosi Pemasaran
Beragam media - media promosi yang dapat digunakan dalam mempromosikan suatu produk ataupun jasa yanesg dipasarkan. Media - media promosi yang dapat digunakan dalam mempromosikan adalah sebagai berikut:
a. Brosur
Di Indonesia mulai dikenal pada tahun 1870, yakni digunakan untuk promosi perusahaan secara komersil. Brosur pertama kali datang di perusahaan milik Belanda. Pada era 1930 hingga 1942, brosur mulai berkembang pesat di Indonesia. Walaupun demikian brosur pertama mengiklankan produk keperluan seperti odol (pasta gigi), sabun, tawaran kursus, bahkan produk kerajinan seperti batik beredar pesat. Brosur adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid kertas.
Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul. Bentuk dan isi bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipatkan dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah.
Contoh Brosur
Komentar
Posting Komentar