Evaluasi Kimia PPG Daljab 5 2019
PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI
– KISI PENILAIAN PENGETAHUAN
Jenjang
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Kimia
Kurikulum : 2013 Revisi
Kelas : XI
Jumlah
Soal : 10
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda (PG)
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
No Soal
|
Bentuk Soal
|
1
|
3.11
Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
|
XI
|
Hidrolisis
Garam
|
Disajikan
data hasil pengujian beberapa larutan garam dengan menggunakan lakmus merah
dan lakmus biru. Siswa dapat menetukan garam yang mengalami hidrolisis dan
sesuai dengan uji lakmusnya dengan tepat
|
L2
|
1
|
PG
|
XI
|
Disajikan
beberapa nama garam. Siswa dapat menentukan garam yang mengalami hidrolisis
partial jika direaksikan dengan air dengan tepat
|
L2
|
2
|
PG
|
|||
XI
|
Siswa
dapat memberikan contoh larutan garam yang mengalami hidrolisis sempurna
dengan benar.
|
L2
|
3
|
PG
|
|||
XI
|
Disajikan
beberapa persamaan reaksi kimia. Siswa dapat menentukan pasangan garam yang
bersifat asam dengan tepat.
|
L2
|
4
|
PG
|
|||
XI
|
Siswa
dapat menentukan larutan garam yang terhidrolisis sebagaian dan bersifat asam
dengan tepat
|
L3
|
5
|
PG
|
|||
XI
|
Siswa
dapat menentukan pH campuran asam kuat dan basa lemah dengan tepat
|
L3
|
6
|
PG
|
|||
XI
|
Siswa
dapat menentukan pH campuran asam lemah dan basa kuat dengan tepat
|
L3
|
7
|
PG
|
|||
XI
|
Siswa
dapat mementukan pH campuran asam lemah dengan basa kuat dengan tepat
|
L3
|
8
|
PG
|
|||
XI
|
Disajikan
beberapa nama larutan garam. Siswa dapat menentukan larutan yang mempunyai pH
> 7 dengan benar.
|
L3
|
9
|
PG
|
|||
XI
|
Siswa
dapat menghitung massa garam yang diperlukan untuk membuat larutan dengan pH
tertentu dengan tepat.
|
L3
|
10
|
PG
|
Pedoman Penilaian
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
1
|
3.11
Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
|
Pilihan Ganda (10 Soal)
Betul
= 1
|
10
|
NILAI
= SKOR TOTAL X 10
|
100
|
Keterangan:
Jika nilai kognitif siswa ≥ 75 maka dinyatakan lulus (memenuhi
ketuntasan belajr KD 3.11 materi
hidrolisis garam) dan wajib melakukan pengayaan, namun
jika nilai kognitif siswa < 75 maka
dinyatakan tidak lulus dan wajib remidi.
Salatiga, Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Samsidi,
S.Pd.Kim., M.Pd. Nazillatur
Rohmiyati, M.Pd.
NIP.
19670703 199003 1 011
Lampiran Soal
PENILAIAN
PENGETAHUAN HIDROLISIS GARAM
Jenjang Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Program Peminatan : IPA
Kurikulum :
2013 Revisi
Hari, Tanggal : ..............................
Pukul : ..............................
Pilihlah salah satu jawaban yang
paling tepat!
1. Berikut adalah hasil pengujian beberapa larutan
garam dengan menggunakan lakmus.
Percobaan Larutan Lakmus merah Lakmus biru
Percobaan Larutan Lakmus merah Lakmus biru
1) MgSO4 merah merah
2) CaF2 biru biru
3) NaCl merah biru
4) KCN biru biru
5) CH3COONa biru biru
Garam
yang mengalami hidrolisis dan sesuai dengan uji lakmusnya adalah . . .
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
3 dan 4
C. 1,
4 dan 5
D. 2,
3 dan 4
E. 3,
4 dan 5
2. Terdapat
garam berikut.
1) Natrium
asetat
2) Amonium
asetat
3) Amonium
klorida
4) Natrium
klorida
Di
antara garam – garam di atas yang bila dilarutkan dalam air mengalami
hidrolisis parsial adalah ... .
A. 1)
dan 3)
B. 1)
dan 4)
C. 2)
dan 3)
D. 2)
dan 4)
E. 3)
dan 4)
3. Suatu
garam apabila dilarutkan dalam air ada yang mengalami hidrolisis sempurna
maupun parsial. Dari beberapa larutan berikut ini yang terhidrolisis sempurna
adalah....
A. NH4Cl
B. CH3COONa
C. K2SO4
D. NaCl
E. NH4CH3COO
4. Perhatikan
persamaan reaksi berikut.
1)
2)
3)
4)
5)
Pasangan
garam yang bersifat asam ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1)
dan 3)
B. 4) dan 5)
C. 2) dan 4)
D. 1) dan 4)
E.
2) dan 3)
5. Diantara
larutan berikut yang dapat membentuk larutan garam terhidrolisis sebagaian dan
bersifat asam adalah . . . .
A. 20
mL CH3COOH 0,1 M + 20 mL KOH 0,2 M
B. 20
mL H2SO4 0,1 M + 20 mL Ba(OH)2 0,1 M
C. 20
mL NH4OH 0,1 M + 20 mL HCl 0,1 M
D. 20
mL Ca(OH)2 0,1 M + 20 mL HCl 0,1 M
E. 20 mL HCN 0,1 M + 20 mL NaOH 0,1 M
6. Siswa kelas
XI IPA SMA Al Falah melakukan praktikum kimia yaitu membuat sebuah larutan
dengan mencampurkan 25
mL larutan HCl 0,2 M direaksikan dengan 25 mL NH3 0,2 M sesuai reaksi:
(Kb
NH3 = 10-5)
Maka
pH dari larutan yang dibuat adalah ... .
A. 1
B. 3
C. 5
D. 9
E. 11
7.
Seorang siswa ingin mengetahui pH campuran asam dan
basa. Maka siswa tersebut mencampurkan sebanyak 50 mL larutan 0,1 M dan direaksikan
dengan 50 mL yang molaritasnya 0,1 M. Reaksi yang terjadi:
Jika dan
Maka besar
pH campuran tersebut adalah ... .
A.
2
B.
4
C.
6
D.
8
E.
12
8.
Sebanyak 100 mL larutan 0,2 M dicampur dengan
100 mL larutan NaOH 0,2 M. Jika . Maka pH larutan
setelah dicampur adalah ….
A.
14
B.
12
C.
8
D.
6
E.
4
9.
Disajikan beberapa larutan:
Pasangan
garam yang memiliki pH lebih dari 7 adalah … .
A.
2), 3), dan 4)
B.
1), 3), dan 4)
C.
2), 3), dan 5)
D.
1), 3), dan 5)
E.
3), 4), dan 5)
10.
Untuk
mendapatkan larutan garam yang pH-nya 9, maka banyaknya garam natrium
benzoat yang harus dilarutkan dalam
100 mL air adalah…
( dan )
A. 6,48 gram
B. 8,64 gram
C. 12,96 gram
D. 17,28 gram
E.
21,60 gram
Lampiran
Jawaban
1.
C
2.
A
3.
E
4.
B
5.
D
6.
C
7.
D
8.
E
9.
A
10.
B
Soal Remidi
Soal
remidi sama dengan soal penilaian pengetahuan, sehingga pedoman penilaian juga
sama dengan pedoman nilai pada penilaian pengetahuan sebelumnya.
Jika
siswa masih mendapatkan nilai <75 maka siswa kembali mengerjakan soal
tersebut sampai siswa mendapatkan nilai ≥ 75
Soal pengayaan
Siswa
yang mendapatkan nilai ≥ 75 maka akan melaksanakan program pengayaan dengan
mendapatkan tugas sebagai berikut.
1. Mencari
penerapan hidrolisis garam dalam industri makanan melalui jurnal penelitian,
buku, maupun sumber ilmiah lainnya.
2. Tugas
diketik dengan format : Kertas A4, spasi 1,5, ukuran huruf 12, huruf times new
roman. Dibuat minimal 2 halaman maksimal 5 halaman.
PENILAIAN
KETERAMPILAN
Mengerjakan Soal melalui Diskusi Kelompok dan
dipresentasikan
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
|||||||||||
Kemampuan siswa dalam
mempresentasikan hasil diskusi
|
Kemampuan siswa dalam
menyampaikan/ menanggapi argumen
|
Laporan hasil diskusi
|
|||||||||||
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian keterampilan
NO
|
Aspek yang Dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kemampuan
siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi
|
1.
Siswa mempresentasikan
hasil diskusi dengan tidak jelas dan kurang lengkap
2.
Siswa mempresentasikan
hasil diskusi dengan cukup dan kurang lengkap
3.
Siswa mempresentasikan
hasil diskusi dengan jelas dan kurang lengkap
4.
Siswa mempresentasikan
hasil diskusi dengan jelas dan lengkap
|
2
|
Kemampuan
siswa dalam menyampaikan/ menanggapi argumen
|
1.
Kurang mampu
menyampaikan argument dengan baik dan tidak disertai dengan bukti
2.
Cukup mampu
menyampaikan argument dengan baik dan tidak disertai dengan bukti
3.
Baik dalam menyampaikan
argument tetapi bukti yang dipaparkan kurang lengkap
4.
Baik dalam menyampaikan
argument dan disertai dengan data atau bukti yang bagus
|
3
|
Laporan
hasil diskusi
|
1.
Siswa mengumpulkan
hasil diskusi dengan kurang lengkap dan tidak tepat waktu
2.
Siswa mengumpulkan
hasil diskusi dengan kurang lengkap tetapi tepat waktu
3.
Siswa mengumpulkan
hasil diskusi dengan lengkap tetapi kurang waktu
4.
Siswa mengumpulkan
hasil diskusi dengan lengkap dan tepat waktu
|
Pedoman penilaian keterampilan
Sesuai
Permendekbud No. 81A Tahun 2013, peserta didik memperoleh nilai adalah:
Sangat
Baik = apabila memperoleh skor: 3,33
< skor ≤ 4,00
Baik =
apabila memperoleh skor: 2,33 < skor ≤ 3,33.
Cukup =
apabila memperoleh skor: 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang =
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
Kemudian dikonversi menjadi nilai puluhan.
PREDIKAT
:
Ø Nilai 90 - 100 = A
Ø Nilai 80 – 89 = B
Ø Nilai 70 – 79 = C
Ø Nilai 60 - 69 = D
Ø Nilai < 60 = E
Salatiga, Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Samsidi,
S.Pd.Kim., M.Pd. Nazillatur
Rohmiyati, M.Pd.
NIP.
19670703 199003 1 011
PENILAIAN SIKAP
Petunjuk pengisian:
Lembar ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap social peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap social
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : .........................
Kelas/Semester : XI/II
Tanggal Pengamatan : .........................
Materi Pokok : Hidrolisis Garam
No.
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
1.
|
Tidak
menyontek pada saat mengerjakan tugas/ulangan/ujian
|
|
|
|
|
2.
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil atau menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumbernya) saat mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3.
|
Mengungkapkan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4.
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5.
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
1.
|
Melaksanakan
tugas-tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
2.
|
Menerima
resiko atas tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3.
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam dari orang lain
|
|
|
|
|
5.
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
1.
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
2.
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3.
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4.
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
5.
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
6.
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
|
|
|
|
7.
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
|
8.
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
Gotong
Royong
|
|
|
|
|
1.
|
Aktif
dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
2.
|
Suka
menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
3.
|
Bersedia
melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
4.
|
Rela
berkorban untuk orang lain
|
|
|
|
|
|
Toleransi
|
|
|
|
|
1.
|
Menghormati
pendapat teman
|
|
|
|
|
2.
|
Menghormati
teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3.
|
Menerima
kesekatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4.
|
Menerima
kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5.
|
Memaafkan
kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
|
Percaya
Diri
|
|
|
|
|
1.
|
Berani
presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2.
|
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3.
|
Berpendapat
ata melakuakn kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4.
|
Mampu
membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5.
|
Tidak
mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
|
Santun
|
|
|
|
|
1.
|
Menghormati
orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan
Bahasa yang santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
3.
|
Menggunakan
Bahasa yang santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
4.
|
Mengucapkan
terimakasih setelah menerima bantuan dari orang lain
|
|
|
|
|
5.
|
Bersikap
3S (senyum, sapa, salam) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran:
Skor akhir menggunakan
skala 1 sampai 4, dengan skor maksimal 148
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus:
Skor Akhir = x 4
Sesuai Permendekbud No.
81A Tahun 2013, peserta didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik = apabila memperoleh skor: 3,33 < skor ≤
4,00
Baik =
apabila memperoleh skor: 2,33 < skor ≤ 3,33.
Cukup =
apabila memperoleh skor: 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang =
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
Kemudian dikonversi menjadi nilai puluhan.
PREDIKAT
:
Ø Nilai 90 - 100 = A
Ø Nilai 80 – 89 = B
Ø Nilai 70 – 79 = C
Ø Nilai 60 - 69 = D
Ø Nilai < 60 = E
Salatiga, Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Samsidi,
S.Pd.Kim., M.Pd. Nazillatur
Rohmiyati, M.Pd.
NIP.
19670703 199003 1 011
Komentar
Posting Komentar