Evaluasi Kimia PPG Daljab 5 2019


PENILAIAN PENGETAHUAN

KISI – KISI PENILAIAN PENGETAHUAN

Jenjang Pendidikan     : SMA
Mata Pelajaran            : Kimia
Kurikulum                   : 2013 Revisi
Kelas                           : XI
Jumlah Soal                 : 10
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda (PG)

No
Kompetensi Dasar
Kelas
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
No Soal
Bentuk Soal
1
3.11 Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
XI
Hidrolisis Garam
Disajikan data hasil pengujian beberapa larutan garam dengan menggunakan lakmus merah dan lakmus biru. Siswa dapat menetukan garam yang mengalami hidrolisis dan sesuai dengan uji lakmusnya dengan tepat
L2
1
PG
XI
Disajikan beberapa nama garam. Siswa dapat menentukan garam yang mengalami hidrolisis partial jika direaksikan dengan air dengan tepat
L2
2
PG
XI
Siswa dapat memberikan contoh larutan garam yang mengalami hidrolisis sempurna dengan benar.
L2
3
PG
XI
Disajikan beberapa persamaan reaksi kimia. Siswa dapat menentukan pasangan garam yang bersifat asam dengan tepat.
L2
4
PG
XI
Siswa dapat menentukan larutan garam yang terhidrolisis sebagaian dan bersifat asam dengan tepat
L3
5
PG
XI
Siswa dapat menentukan pH campuran asam kuat dan basa lemah dengan tepat
L3
6
PG
XI
Siswa dapat menentukan pH campuran asam lemah dan basa kuat dengan tepat
L3
7
PG
XI
Siswa dapat mementukan pH campuran asam lemah dengan basa kuat dengan tepat
L3
8
PG
XI
Disajikan beberapa nama larutan garam. Siswa dapat menentukan larutan yang mempunyai pH > 7 dengan benar.
L3
9
PG
XI
Siswa dapat menghitung massa garam yang diperlukan untuk membuat larutan dengan pH tertentu dengan tepat.
L3
10
PG





Pedoman Penilaian
No
Kompetensi Dasar
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
3.11 Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
Pilihan Ganda (10 Soal)
Betul = 1

10
NILAI = SKOR TOTAL X 10
100

Keterangan:
Jika nilai kognitif siswa ≥ 75 maka dinyatakan lulus (memenuhi ketuntasan belajr KD 3.11 materi hidrolisis garam) dan wajib melakukan pengayaan, namun jika nilai kognitif siswa < 75 maka dinyatakan tidak lulus dan wajib remidi.

Salatiga,       Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




Samsidi, S.Pd.Kim., M.Pd.                                                     Nazillatur Rohmiyati, M.Pd.
NIP. 19670703 199003 1 011                       

















Lampiran Soal
PENILAIAN PENGETAHUAN HIDROLISIS GARAM
Jenjang Pendidikan               : SMA
Mata Pelajaran                       : Kimia
Program Peminatan               : IPA
Kurikulum                             : 2013 Revisi
Hari, Tanggal             : ..............................
Pukul                                     : ..............................
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1.    Berikut adalah hasil pengujian beberapa larutan garam dengan menggunakan lakmus.
Percobaan
  Larutan                  Lakmus merah                  Lakmus biru
1)                MgSO4                                  merah                                   merah
2)                CaF2                                       biru                                        biru
3)                NaCl                                       merah                                   biru
4)                KCN                                      biru                                        biru
5)                CH3COONa                       biru                                        biru
Garam yang mengalami hidrolisis dan sesuai dengan uji lakmusnya adalah  . . .
A.  1, 2 dan 3
B.  1, 3 dan 4
C.  1, 4 dan 5
D.  2, 3 dan 4
E.   3, 4 dan 5

2.    Terdapat garam berikut.
1)      Natrium asetat
2)      Amonium asetat
3)      Amonium klorida
4)      Natrium klorida
Di antara garam – garam di atas yang bila dilarutkan dalam air mengalami hidrolisis parsial adalah ... .
A.    1) dan  3)
B.     1) dan  4)
C.     2) dan  3)
D.    2) dan  4)
E.     3) dan  4)

3.    Suatu garam apabila dilarutkan dalam air ada yang mengalami hidrolisis sempurna maupun parsial. Dari beberapa larutan berikut ini yang terhidrolisis sempurna adalah....
A.  NH4Cl
B.  CH3COONa
C.  K2SO4
D.  NaCl
E.   NH4CH3COO

4.    Perhatikan persamaan reaksi berikut.
1)      CH_3COO^- + H_2O \rightleftharpoons CH_3COOH + OH^-
2)      CN^- + H_2O\rightleftharpoons HCN + OH^-
3)       Al^{3+} + 3H_2O\rightleftharpoons Al(OH)_3 + 3H^+
4)       NH_{4}^{+} + H_2O \rightleftharpoons NH_4OH + H^+
5)      S^{2-} + 2H_2O \rightleftharpoons H_2S + 2OH^-
Pasangan garam yang bersifat asam ditunjukkan oleh nomor ….
A.  1) dan 3)
B.  4) dan 5)
C.  2) dan 4)
D.  1) dan 4)
E.   2) dan 3)

5.    Diantara larutan berikut yang dapat membentuk larutan garam terhidrolisis sebagaian dan bersifat asam adalah  . . . .
A.  20 mL CH3COOH 0,1 M + 20 mL KOH 0,2 M
B.  20 mL H2SO4 0,1 M + 20 mL Ba(OH)2 0,1 M
C.  20 mL NH4OH 0,1 M + 20 mL HCl 0,1 M
D.  20 mL Ca(OH)2 0,1 M + 20 mL HCl 0,1 M
E.    20 mL HCN 0,1 M + 20 mL NaOH 0,1 M


6.    Siswa kelas XI IPA SMA Al Falah melakukan praktikum kimia yaitu membuat sebuah larutan dengan mencampurkan  25 mL larutan HCl 0,2 M direaksikan dengan 25 mL NH3 0,2 M sesuai reaksi:
NH_{3(aq)} + HCl_{(aq)} \to NH_4Cl_{(aq)}(Kb NH3 = 10-5)
Maka pH dari larutan yang dibuat adalah ... .
A.  1
B.  3
C.  5
D.  9
E.   11

7.    Seorang siswa ingin mengetahui pH campuran asam dan basa. Maka siswa tersebut mencampurkan sebanyak 50 mL larutan  HNO_2  0,1 M dan direaksikan dengan 50 mL KOH yang molaritasnya 0,1 M. Reaksi yang terjadi:


KOH_{(aq)} + HNO_{2(aq)} \to KNO_{2(aq)}+H_2O_{(l)}
 
Jika  K_w \;H_2O = 10^{-14} danK_a \;HNO_2 = 5x10^{-4}
Maka besar pH campuran tersebut adalah ... .
A.    2
B.     4
C.     6
D.    8
E.     12

8.    Sebanyak 100 mL larutan CH_3COOH 0,2 M dicampur dengan 100 mL larutan NaOH 0,2 M. Jika Ka\;CH_3COOH= 10^{-5}. Maka pH larutan setelah dicampur adalah ….
A.    14
B.     12
C.     8
D.    6
E.     4



9.    Disajikan beberapa larutan:
  1. (NH_4)_2SO_4
  2. Na_2CO_3
  3. KCN
  4. CH_3COONa
  5. K_2SO_4
Pasangan garam yang memiliki pH lebih dari 7 adalah … .
A.    2), 3), dan 4)
B.     1), 3), dan 4)
C.     2), 3), dan 5)
D.    1), 3), dan 5)
E.     3), 4), dan 5)

10.         Mr\; C_6H_5OONa= 144Untuk mendapatkan larutan garam yang pH-nya 9, maka banyaknya garam natrium benzoat C_6H_5OONa yang harus dilarutkan dalam 100 mL air adalah…
Ka\; C_6H_5OONa= 6x10^{-5}(                                                  dan                                                          )
A.  6,48 gram
B.  8,64 gram
C.  12,96 gram
D.  17,28 gram
E.   21,60 gram

Lampiran Jawaban
1.             C
2.             A
3.             E
4.             B
5.             D
6.             C
7.             D
8.             E
9.             A
10.         B
Soal Remidi
Soal remidi sama dengan soal penilaian pengetahuan, sehingga pedoman penilaian juga sama dengan pedoman nilai pada penilaian pengetahuan sebelumnya.
Jika siswa masih mendapatkan nilai <75 maka siswa kembali mengerjakan soal tersebut sampai siswa mendapatkan nilai ≥ 75

Soal pengayaan
Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 maka akan melaksanakan program pengayaan dengan mendapatkan tugas sebagai berikut.
1.    Mencari penerapan hidrolisis garam dalam industri makanan melalui jurnal penelitian, buku, maupun sumber ilmiah lainnya.
2.    Tugas diketik dengan format : Kertas A4, spasi 1,5, ukuran huruf 12, huruf times new roman. Dibuat minimal 2 halaman maksimal 5 halaman.





















PENILAIAN KETERAMPILAN


Mengerjakan  Soal melalui Diskusi Kelompok dan dipresentasikan
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi
Kemampuan siswa dalam menyampaikan/ menanggapi argumen

Laporan hasil diskusi


4
3
2
1
4
3
2
1
1
2
3
4







































































Rubrik penilaian keterampilan
NO
Aspek yang Dinilai
Rubrik
1
Kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil diskusi
1.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan tidak jelas dan kurang lengkap
2.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan cukup dan kurang lengkap
3.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan jelas dan kurang lengkap
4.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan jelas dan lengkap
2
Kemampuan siswa dalam menyampaikan/ menanggapi argumen
1.    Kurang mampu menyampaikan argument dengan baik dan tidak disertai dengan bukti
2.    Cukup mampu menyampaikan argument dengan baik dan tidak disertai dengan bukti
3.    Baik dalam menyampaikan argument tetapi bukti yang dipaparkan kurang lengkap
4.    Baik dalam menyampaikan argument dan disertai dengan data atau bukti yang bagus
3
Laporan hasil diskusi
1.    Siswa mengumpulkan hasil diskusi dengan kurang lengkap dan tidak tepat waktu
2.    Siswa mengumpulkan hasil diskusi dengan kurang lengkap tetapi tepat waktu
3.    Siswa mengumpulkan hasil diskusi dengan lengkap tetapi kurang waktu
4.    Siswa mengumpulkan hasil diskusi dengan lengkap dan tepat waktu

Pedoman penilaian keterampilan


 



Sesuai Permendekbud No. 81A Tahun 2013, peserta didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik     = apabila memperoleh skor: 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 = apabila memperoleh skor: 2,33 < skor ≤ 3,33.
Cukup             = apabila memperoleh skor: 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                        = apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
Kemudian dikonversi menjadi nilai puluhan.
PREDIKAT :
Ø Nilai 90 - 100  = A
Ø Nilai 80 – 89   = B
Ø Nilai 70 – 79   = C
Ø Nilai 60 - 69    = D
Ø Nilai < 60        = E

Salatiga,       Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran

Samsidi, S.Pd.Kim., M.Pd.                                                     Nazillatur Rohmiyati, M.Pd.
NIP. 19670703 199003 1 011           
PENILAIAN SIKAP

Petunjuk pengisian:
Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap social peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap social yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4          = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3          = sering, apabila sering melakukan dan kadang-kadang tidak melakukan
2          = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1          = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik    : .........................
Kelas/Semester            : XI/II
Tanggal Pengamatan   : .........................
Materi Pokok              : Hidrolisis Garam
No.
Pernyataan
TP
KD
SR
SL

Jujur




1.
Tidak menyontek pada saat mengerjakan tugas/ulangan/ujian




2.
Tidak melakukan plagiat (mengambil atau menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya) saat mengerjakan setiap tugas




3.
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4.
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki





Tanggung Jawab




1.
Melaksanakan tugas-tugas individu dengan baik




2.
Menerima resiko atas tindakan yang dilakukan




3.
Tidak  menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4.
Mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain




5.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





Disiplin




1.
Masuk kelas tepat waktu




2.
Mengumpulkan tugas tepat waktu




3.
Memakai seragam sesuai tata tertib




4.
Mengerjakan tugas yang diberikan




5.
Tertib dalam mengikuti pembelajaran




6.
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan




7.
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran




8.
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran





Gotong Royong




1.
Aktif dalam kerja kelompok




2.
Suka menolong teman/orang lain




3.
Bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan




4.
Rela berkorban untuk orang lain





Toleransi




1.
Menghormati pendapat teman




2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3.
Menerima kesekatan meskipun berbeda dengan pendapatnya




4.
Menerima kekurangan orang lain




5.
Memaafkan kesalahan orang lain





Percaya Diri




1.
Berani presentasi di depan kelas




2.
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




3.
Berpendapat ata melakuakn kegiatan tanpa ragu-ragu




4.
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5.
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah





Santun




1.
Menghormati orang yang lebih tua




2.
Menggunakan Bahasa yang santun saat menyampaikan pendapat




3.
Menggunakan Bahasa yang santun saat mengkritik pendapat teman




4.
Mengucapkan terimakasih setelah menerima bantuan dari orang lain




5.
Bersikap 3S (senyum, sapa, salam) saat bertemu orang lain





Jumlah Skor




Petunjuk penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4, dengan skor maksimal 148
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Akhir =  x 4

Sesuai Permendekbud No. 81A Tahun 2013, peserta didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik     = apabila memperoleh skor: 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 = apabila memperoleh skor: 2,33 < skor ≤ 3,33.
Cukup             = apabila memperoleh skor: 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                        = apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33
Kemudian dikonversi menjadi nilai puluhan.
PREDIKAT :
Ø Nilai 90 - 100  = A
Ø Nilai 80 – 89   = B
Ø Nilai 70 – 79   = C
Ø Nilai 60 - 69    = D
Ø Nilai < 60        = E

Salatiga,       Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




Samsidi, S.Pd.Kim., M.Pd.                                                     Nazillatur Rohmiyati, M.Pd.
NIP. 19670703 199003 1 011                       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11