Kimia, Sabtu 21 November 2020

 Kekuatan Asam dan Basa

 

Perbedaan kekuatan larutan asam - basa dipengaruhi oleh banyak sedikitnya ion - ion pembawa sifat asam dan ion - ion pembawa sifat basa yang dihasilkan saat terionisasi. Banyaknya zat yang terionisasi di dalam larutan disebut derajat ionisasi. 

 

a. Kekuatan Asam

    Kekuatan asam dipengaruhi oleh banyaknya ion - ion H+ yang dihasilkan oleh senyawa asam dalam larutannya. Berdasarkan banyak sedikitnya ion H+ yang dihasilkan, larutan asam dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.

1) Asam Kuat

    Asam kuat yaitu senyawa asam yang dalam terion seluruhnya menjadi ion - ionnya. Reaksi ioninisasi asam kuat merupakan reaksi berkesudahan.

2) Asam Lemah

    Asam lemah, yaitu senyawa asam yang dalam larutannya hanya sedikit terioniasasi menjadi ion - ionnya. Reaksi ionisasi asam lemah merupakan reaksi kesetimbangan.


b. Kekuatan Basa

    Kekuatan basa dipengaruhi oleh banyaknya ion - ion OH- yang dihasilkan oleh senyawa basa dalam larutannya. Berdasarkan banyak sedikitnya ion OH- yang dihasilkan, larutan basa juga dibedakan menjadi 2 macam sebagai berikut.

1) Basa Kuat

    Basa kuat, yaitu senyawa basa yang dalam larutannya menjadi ion - ionnya. Reaksi ionisasi basa kuat merupakan reaksi berkesudahan.

2) Basa Lemah

    Basa lemah, yaitu senyawa basa yang dalam larutannya hanya sedikit terionisasi menjadi ion - ionnya. Reaksi ionisasi basa lemah juga merupakan reksi kesetimbangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Hidrolisis Garam Daljab 5 2019

IPA Terapan dan Fisika Kelas X Pertemuan ke 11

PKK (II) Kelas XI Pertemuan ke 11